Air Terjun Cihear bak Aliran Sungai Hampir Tegak di Banten


PROVINSI Banten merupakan salah satu daerah yang paling dekat dengan Jakarta. Daerah yang terkenal dengan suku Baduynya itu juga bisa dijadikan destinasi liburan yang tidak memerlukan banyak waktu dan biaya untuk menjangkaunya.
Salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi para traveler ialah Air Terjun Cihear. Berada di Gunung Leutik, kawasan Gunung Halimun Salak, tepatnya antara Desa Cigobang dan Desa Ciladeun, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, air terjun setinggi 25 meter ini memiliki suasana yang masih alami dan asri khas pegunungan, dengan suhu yang sejuk. 
Keistimewaan lainnya yang dimiliki Air Terjun Cihear ialah bentuknya yang unik, karena mengalir di permukaan tebing yang cukup melandai, padahal aliran airnya deras. Hal tersebut membuat Air Terjun Cihear tampak seperti sungai yang hampir tegak posisinya.
Selain itu, letaknya yang berada di kawasan pegunungan, membuat Curug Cihear dekat dengan objek wisata arung jeram di Sungai Ciberang. Nah, bagi traveler yang kurang terpacu adrenalinnya di Air Terjun Cihear, bisa langsung berarung jeram!

Eits, tapi tahan dulu, karena sebelum bisa menikmati indah dan sejuknya air terjun, Anda harus terlebih dahulu menempuh perjalanan sekira 100 kilometer dari Jakarta atau 80 kilometer dari Pandeglang dan Rangkasbitung. Setibanya di kawasan Gunung Halimun Salak, Anda masih harus melewati jalan setapak dan mendaki membelah hutan.
Bagi traveler yang memulai perjalanan dari Bogor, Anda bisa langsung mengarah ke Leuwiliang lalu menuju Jasinga, terus sampai ke Cipanas, hingga tiba di Kampung Muhara, kemudian tinggal jalan melalui jalur pendakian sekira 5 kilometer. Namun, bagi traveler yang lewat Rangkasbitung, Anda bisa menuju ke Sajira, lanjut ke arah Cipanas, dan pemberhentian terakhir tetap di Kampung Muhara.

Sebagian traveler yang pernah berkunjung ke Air Terjun Cihear menyarankan agar membawa sepeda motor atau mobil sendiri jika Anda dari Bogor, Rangkasbitung, dan Jakarta, sebab jika menggunakan angkutan umum, aksesnya terhenti di Terminal Lebak saja, dan sisa perjalanan harus ditempuh menggunakan ojek.
Nah, untuk traveler yang berasal dari Jakarta bisa memilih tiga buah rute yang bisa dilalui untuk bisa mencapai Air Terjun Cihear. Tapi, rute yang paling nyaman dan aman, yaitu Jakarta menuju ke tol Serang Timur, lalu mengarah ke Pandeglang, lanjut menuju ke Rangkasbitung, hingga ke Sajira, kemudian Cipanas, dan terakhir di Kampung Muhara. Perjalanan ini akan menghabiskan waktu sekira 3 hingga 3,5 jam.

sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/02/27/406/1865564/air-terjun-cihear-bak-aliran-sungai-hampir-tegak-di-banten

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.